• Uncategorized
  • 0

Bandung ICT Expo 2015

Telkom University (Tel-U) menggelar Bandung ICT Expo yang bertempat di Convention Hall, Bandung Technoplex, Jawa Barat. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merangkul para stakeholder di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diharapkan bisa mendorong komunitas IT bersinergi memacu perkembangan industri di Tanah air.

Tidak sedikit perusahaan perusahaan yang turut mengikuti dan membantu kegiatan penyelenggaraan event kali ini. Bahkan ada perusahaan yang berasal dari luar negri.

Dari sekian banyak perusahaan yang turut serta dalam acara tersebut, saya akan mengupas semua yang saya tau dari satu perusahaan yang cukup ternama, yaitu  NEC.

     NEC Corporation (dahulu merupakan singkatan dari Nippon Electric Company) adalah sebuah perusahaan teknologi informasi multi-nasional yang berkantor pusat di MinatoTokyo, Jepang. NEC menyedikan informasi teknologi dan solutsi jaringkan kepada bisnis, penyedia jasa komunikasi, dan pemerintah. NEC merupakan pembuat dari Earth Simulator, salah satu supervkomputer tercepat di dunia. NEC merupakan bagian dari Sumitomo Group.

Bisnis mereka terbagi dalam tiga segmen utama: Solusi TI, Solusi jaringan, dan peralatan elektronik. Solusi TI melayani solusi penghitungan kepada bisnis, pemerintah, dan individual. Solusi jaringan menawarkan sistem jaringan, peralatan genggam, penyiaran, dan sistem lainnya. Divisi peralatan elektroniknya termasuk semikonduktor, tampilan, dan lain-lain.

Tahun-tahun belakangan ini NEC merupakan salah satu perusahaan teratas dalam jumlah paten A.S. yang dikeluarkan, dengan rata-rata paten disetujui 1.764 per tahun.

Tentang NEC Asia Pacific Pte Ltd (NEC APAC)
NEC Asia Pacific yang berbasis di Singapura adalah kantor pusat regional NEC Corporation (Kantor Pusat: Jepang) di kawasan Asia Pasifik (Asia Selatan dan Tenggara serta Oseania). Sebagai penyedia teknologi infokom terkemuka dan pengintegrasi sistem yang menawarkan dukungan dan konsultasi penjualan dan servis di kawasan ini, NEC APAC mengembangkan solusi pada jaringan operator, identitas global, RFID, server perusahaan, komunikasi terpadu, layar multimedia, dan pusat kontak, serta menyediakan outsourcing dan layanan terkelola.

Untuk memanfaatkan keahlian teknologinya dalam bidang keselamatan publik, NEC APAC telah mendirikan pusat kompetensi regional (keselamatan publik) untuk memperluas kemampuannya dalam mendukung bisnis di kawasan Asia Pasifik.

Sejalan dengan Visi Grup NEC untuk mewujudkan masyarakat Informasi yang ramah kepada manusia dan bumi, NEC juga memulai prakarsa tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibilities (CSR) untuk mendukung dan “membuat perbedaan” bagi Nature atau Alam (lingkungan), Education (Pendidikan), dan Community (Masyarakat). Selanjutnya, mari kita bahas PT NEC di negara tercinta, PT NEC di Indonesia.

Tentang PT. NEC Indonesia 
PT. NEC Indonesia pertama kali mendirikan Kantor Perwakilan Jakarta di tahun 1968. Selama beberapa tahun, PT. NEC Indonesia memahami pentingnya membangun infrastruktur telekomunikasi untuk negara ini dan telah memperkenalkan beberapa teknologi dan solusi NEC. Hal ini telah membuat posisi PT. NEC Indonesia sebagai pemimpin pasar penyedia solusi total untuk industri telekomunikasi Indonesia.

Saat ini, dengan kantor pusatnya di Jakarta dan 20 kantor lainnya yang berlokasi di berbagai wilayah di Indonesia, PT NEC Indonesia terus memainkan peran yang signifikan dalam menyediakan telekomunikasi total dan solusi bisnis IT bagi pelanggannya dan pemerintah serta bisnis perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut, harap kunjungi id.nec.com.

Pada 23 September 2013 menyambut Takayuki Kano sebagai Presiden Direktur yang baru. Sepak terjang Kano sendiri dalam bidang kancah di pasar global sudah sekitar 27tahun semenjak dia bergabung dengan NEC Corporation pada bulan April 1987. Pengalamannya di bidang IT sudah pasti sangat luas, bahkan dia pernah menjabat sebagai manajemen regional dan global sejak awal kariernya. Kano mulai berkecimpung dalam bidang penjualan di Divisi Promosi Bisnis Amerika Utara NEC Corporation sebelum berpindah ke divisi Pasar Asia di tahun 1992. Ia pindah ke Kantor Perwakilan Bangkok pada tahun 1994 dan bertugas selama 5 tahun dan selanjutnya kembali ke Jepang untuk menduduki beberapa posisi penting dalam manajerial penjualan. Sebelum penunjukannya sebagai Presiden Direktur PT NEC Indonesia, Kano menjabat sebagai Deputy Managing Director of NEC India sejak tahun 2008 sampai 2011 sebelum ia pergi bertugas sebagai Deputy General Manager of the Greater China and Asia Pacific Division selama 2 tahun.

BRAND

NEC merupakan brand perusahaan IT yang menyediakan beragam produk. Perusahaan ini juga menawarkan solusi terkait infrastruktur IT perusahaan atau bisnis yang tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan klien. NEC memiliki sejarah yang panjang dalam dunia IT. Sejak bertahun-tahun silam, perusahaan ini telah mengembangkan berbagai produk inovatif terkait dunia komputer maupun komunikasi. Tak hanya itu, brand ini telah menghasilkan berbagai produk perangkat elektronik.

PRODUK

Selain menawarkan solusi di bidang pengembanganatau pembangunan infrastruktur IT, NEC juga menyediakan produk berupa perangkat komputer. Salah satu produknya adalah NEC PowerMate ML7. Komputer desktop ini mampu melakukan berbagai tugas dengan lancar. Itu sebabnya NEC PowerMate ML7 bisa menjadi pilihan ideal untuk perkantoran mengingat spesifikasinya mampu mendukung berbagai taks. Selain itu, casing NEC PowerMate ML7 didesain secara kokoh untuk meminimalisir berbagai resiko saat sedang digunakan. Soal harga, produk NEC ini sangat bersaing. Untuk mendapatkan sebuah perangkat dengan spesifikasi yang bisa diandalkan, Anda pun tak perlu merogoh kocek Anda dalam-dalam. Desain perangkat ini juga sangat modern sehingga PowerMate ML7 layak untuk Anda miliki.

Produk yang dipamerkan NEC di CES 2011

Pagelaran CES 2011 akan segera di mulai beberapa minggu lagi, tepatnya dari tanggal 6 hingga 9 Januari 2011. Di acara yang akan dilaksanakan di Las Vegas, Amerika Serikat tersebut, akan hadir ribuan perusahaan dengan inovasi-inovasi barunya. Salah satunya adalah NEC.

Lima belas hari sebelum CES 2011 dimulai, NEC sudah mengumumkan produk apa saja yang akan mereka bawa ke pameran tersebut. Salah satu produk NEC yang menarik perhatian kami adalah NEC Dual Screen Cloud Communicator Tablet. Seperti salah satu dari bagian namanya, “Cloud Communicator”, perangkat ini akan mendukung kebutuhan sebuah perusahaan akan teknologi komputasi awan. Uniknya lagi, perangkat ini berbasis sistem operasi Android dan dilengkapi dengan dua layar sentuh sebesar 7 inci. Untuk mendukung teknologi komputasi awan ini, perangkat tersebut dilengkapi dengan WiFi, 3G, dan Bluetooth.

NEC juga sudah siap untuk memamerkan Single Screen Cloud Communicator Tablet. Produk ini tidak jauh berbeda dibandingkan Dual Screen Cloud Communicator Tablet. Yang jadi pembeda adalah penggunaan satu layar dan adanya kamera di Single Screen Cloud Communicator Tablet ini.

Selain itu, NEC akan memamerkan:

NEC Personal Products’ Mobile Notebook
o berbasiskan Android

NEC Home Gateway Solution
o ADSL2+/802.11n/USB2.0/DECT
o IGMPv2 Proxy & Snooping/VoIP
o Media Control & Serving/Printer & File Sharing
o TR069 and OSGi

NEC BIGLOBE’s “andronavi”
o Android application marketplace
o berisi konten yang berhubungan dengan Jepang termasuk Manga, foto yang berhubungan dengan Jepang

 

Sekian pembahasan saya tentang NEC Corporation. THANKS!!

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *